Friday, July 2, 2010

Pemerintah Prancis Bantah Recoki FFF


Paris - Pemerintah Prancis disinyalir memiliki peranan dalam pengunduran diri Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) Jean-Pierre Escalettes, membuat FIFA langsung mengeluarkan ancaman. Prancis pun kini membantah dugaan itu.

Menyusul penampilan buruk 'Les Bleus' di Piala Dunia 2010, Escalettes kemudian mundur dari jabatanya. Muncul dugaan bahwa hal itu tak lepas dari campur tangan Menteri Olahraga Roselyne Bachelot.

Hal itu tentu sontak bikin FIFA angkat suara yang langsung melontarkan ancaman bakal mencekal Prancis dan klub-klub dari Negeri Mode itu di kompetisi internasional, bila ditemukan intervensi pemerintah dalam kasus tersebut.

Indikasi campur tangan itu kian menebal setelah juru bicara Dewan Nasional Prancis mengatakan bahwa Raymond Domenech, yang menukangi Prancis di Piala Dunia 2010, dan Escalettes, bakal dipanggil ke pertemuan komisi parlemen.

Meski begitu, pihak pemerintah kemudian mengelak dari tudingan. Lewat seorang juru bicaranya, Prancis menegaskan sama sekali tidak, atau sedang, turut campur di dalam urusan kebijakan FFF.

"Dia (Bachelot) memang mengindikasikan bahwa dia pribadi meyakini kalau pengunduran diri (Escalettes) tak terhindarkan, tapi dia tak pernah minta pengunduran dirinya. Tak pernah ada niatan pemerintah ikut campur dalam urusan FFF," terang juru bicara itu di ESPN Soccernet.

"(Juga) Normal jika anggota parlemen mencari tahu apa yang terjadi karena itu adalah topik yang menyangkut masyarakat Prancis," lanjut dia.

Sebelum ini FIFA juga pernah beberapa kali melayangkan hukuman akibat adanya intervensi politis terhadap federasi sepakbola sebuah negara. Irak pada tahun 2008 dan Ethiopia yang ditendang dari kualifikasi Piala Dunia 2010, misalnya.
(detiksport)



Kalo kamu fans tim Perancis untuk Piala Dunia 2010 bisa pesen jaket tim Perancis di SINI.

No comments:

Post a Comment