Thursday, July 1, 2010

Stekelenburg Ingin Lepas dari Van der Saar


Johannesburg - Berada di bawah bayang-bayang pemain bintang pernah jadi beban bagi kiper Belanda Maarten Stekelenburg. Dirinya kerap kali dibandingkan dengan kehebatan si legendaris Edwin van der Sar.

Relatif tidak terlalu populer, Stekelenburg mulai menguak ketangguhannya. Dari empat pertandingan ia cuma kebobolan dua, itu pun dari titik penalti, masing-masing satu di fase grup dan babak 16 besar.

Mulai membela Ajax di tahun 2001, ia sempat tergusur oleh yuniornya Kenneth Vermeer di musim 2008/2009, karena permainannya tak kunjung maksimal, plus cedera. Pelatih Marco van Basten saat itu menilai Stekelenburg cepat berpuas diri dan malas mengasah kemampuan.

Pria 27 tahun itu kurang senang dengan keputusan Van Basten tersebut. Sebaliknya, ia menjadi termotivasi lebih untuk melakukan improvisasi.

Stekelenburg sudah membela Singa Oranye sejak 2004, namun baru bisa menjadi yang nomor satu setelah Van der Saar mundur usai Euro 2008. Perjalanannya sebagai kiper utama Belanda pun tidak mudah karena orang masih "terbelenggu" pada sosok Van der Saar, yang memiliki 130 caps itu.

"Jika saya melakukan kesalahan, pasti mereka mengatakan 'andai bolanya seperti itu, Van der Sar pasti bisa menyelamatkannya," ujar Stekelenburg seperti dikutip AFP.

Pelatih Bert van Marwijk disebutnya sebagai sosok yang sangat membantu dirinya. "Tuan van Marwijk selalu meningkatkan kepercayaan diri saya bahkan ketika saya tidak dipilih di Ajax," tukasnya.

"Dukungannya membuat saya lebih baik. Dan ia tidak pernah membanding-bandingkan saya dengan Van der Sar."

Selama di Afrika Selatan, sejauh ini penampilan terbaik kiper Ajax Amsterdam itu adalah saat melawan Slovakia di perdelapan final. Sedikitnya dua kali ia secara spektakuler menghalau tembakan Robert Vittek.

Sebuah catatan menarik tentang Stekelenburg adalah dia kiper Belanda pertama yang pernah menerima kartu merah. "Rekor" itu ia buat tatkala melanggar Joshua Kennedy dari Australia pada sebuah laga ujicoba di bulan September 2008.
(detiksport)



Kalo kamu fans tim Belanda untuk Piala Dunia 2010 bisa pesen jaket tim Belanda di SINI.

No comments:

Post a Comment