Thursday, May 27, 2010

Ambisi Lippi Bawa Pulang Lagi Trofi Juara


Roma - Meski berstatus juara bertahan, Italia kurang diunggulkan bisa mempertahankan Piala Dunia. Namun Marcello Lippi malah melihat kondisi tersebut sebagai kesempatan untuk membawa kembali trofi juara ke Italia.

Dibanding Spanyol atau Brasil serta beberapa negara kandidat juara lainnya, kekuatan Italia jelang Piala Dunia 2010 terhitung tak menonjol. Kondisi tersebut bahkan dapat pengakuan dari publik Italia dan Lippi sendiri.

"Kami datang dengan kepercayaan diri yang tinggi, dengan status sebagai juara untuk menkonsolidasi dengan kekuatan yang kami miliki dan secara bersamaan mengetahui kekuatan lawan. Sudah terjadi berulang kali sebuah negara memulai turnamen dengan status tidak favorit tapi mereka meraih hasil sebaliknya di turnamen. Kami akan memberikan semua yang kami miliki," sahut Lippi.

Namun status non unggulan sama sekali bukan masalah buat pria berambut perak tersebut. Soalnya saat menukangi Gli Azzurri di Piala Dunia 2006 lalu Italia juga datang dengan status bukan unggulan, meski akhirnya bisa jadi kampiun usai mengalahkan Prancis di final.

Yang jelas, dengan formasi skuad yang hampir sama dengan empat tahun lalu, Lippi harus bekerja ekstra keras untuk meracik strategi di Afrika Selatan nanti. Banyak pemain belakang Italia termakan umur, sementara gelandang pengatur permainan juga dianggap kurang efektif. Padahal di lini depan mereka juga tak punya striker yang haus gol.

"Saya pikir, jika kami dapat menghilangkan perbedaan di dalam tim akan lebih baik bagi tim. Hanya dengan itu untuk membuatnya menjadi padu," imbuh Lippi.

Jika bisa kembali membawa pulang trofi Piala Dunia, Italia akan menjadi negara pertama setelah Brasil yang mempertahankan gelar juara. Tim Samba dua kali berturut menjadi juara di edisi 1958 dan 1962 dengan dimotori legenda mereka, Pele.

Italia adalah negara lain yang pernah menjuarai Piala Dunia dua kali beruntun. Tapi sukses tersebut terjadi sudah sangat lama, tepatnya di edisi kedua dan ketiga Piala Dunia, di tahun 1934 dan 1938.
(detiksport)



Kalo kamu fans tim Italia untuk Piala Dunia 2010 bisa pesen jaket tim Italia di SINI.

No comments:

Post a Comment