Saturday, June 26, 2010

Hilangnya Tradisi Kiper Inggris


Johannesburg - Sudah sejak beberapa tahun belakangan Inggris mengalami krisis penjaga gawang. Hilangnya tradisi kiper hebat The Three Lions disebabkan klub besar lebih memilih pemain asing.

Inggris dalam sejarah sepakbolanya pernah memiliki banyak kiper hebat. Salah satu yang terbaik tentu saja Gordon Banks, di samping Peter Shilton.

Namun setelah era David Seaman berakhir, tim juara dunia 1966 itu tak pernah punya kiper yang benar-benar meyakinkan. Banyak nama keluar dan masuk tanpa pernah benar-benar memberi ketenangan di bawah mistar gawang.

Kondisi tersebut berlangsung hingga kini, di Piala dunia 2010. David James yang kini jadi nomor satu pun dianggap masih meragukan. Dia seperti menjadi pilihan terbaik di antara yang terburuk. Apalagi kiper Portsmouth itu kini sudah berusia 40 tahun.

"Inggris sebelumnya punya tradisi bagus di poisi kiper. Pertanyaannya adalah kenapa sekarang mereka tak punya kiper bagus," cetus Oliver Kahn dalam konferensi pers di Jobulandi Center, Sandton, Johannesburg, yang juga dihadiri detiksport.

Disebut mantan kiper utama Jerman dan Bayern Munich tersebut, kondisi yang dialami anak didik Fabio Capello tersbut disebabkan beberapa klub papan atas justru mmilih kiper dari negara lain. Hal ini membuat kiper muda Inggris tak cukup punya kesempatan untuk berkembang.

"Sulit untuk kembangkan kiper lokal karena klub besar seperti Manchester United, Chelsea, Arsenal atau Liverpool memiliki kiper asing," lanjut Kahn.

Inggris dan Jerman sendiri akan saling berhadapan di babak 16 besar Piala Dunia 2010. Apakah pernayataan Kahn tersebut menandakan Der Panzer bakal bisa mengandaskan Tiga Singa?

Lalu, bagaimana pula andai laga antara Jerman vs Inggris berakhir dengan adu penalti? Cukup mumpunikah kiper St George's Cross menanganinya?
(detiksport)



Kalo kamu fans tim Inggris untuk Piala Dunia 2010 bisa pesen jaket tim Inggris di SINI.

No comments:

Post a Comment