Tuesday, June 1, 2010

'Jepang Berjalan Kaki ke Bulan'


Target semifinal yang dicanangkan pelatih Jepang Takeshi Okada diibaratkan memerintahkan pemain untuk berjalan kaki ke bulan. "Samurai Biru" dituntut untuk membuktikan bahwa target itu adalah sesuatu yang realistis.

Target tinggi diusung Jepang di Afrika Selatan bulan depan: semifinal. Disebut tinggi, karena Negeri Bunga Sakura belum punya sejarah bisa melangkah sejauh itu di Piala Dunia. Hasil tertinggi yang mereka raih adalah 16 besar di Piala Dunia 2002.

Target itu memang bisa untuk membangkitkan semangat. Tapi sasaran yang ditetapkan kini bisa menjadi salah satu bahan olokan bagi Jepang.

"Target Okada merupakan lelucon yang buruk. Ini bagaikan memerintahkan para pemain timnas untuk berjalan kaki ke bulan. Apa yang diperlukan adalah sasaran yang realistis dan spesifik yang bisa membuat suporter tertarik dan menginspirasi pemain untuk berjuang lebih keras," ujar pengamat sepakbola Jepang Tatsuhito Kaneko.

Olok-olok itu memang sejalan dengan fakta sejauh ini. Hasil laga ujicoba yang dilakni Yuji Nakazawa dkk sejauh ini buruk. Mereka kalah dari Korea Selatan, Serbia, dan yang teraktual dari Inggris.

Kekalahan dari Three Lions menjadikan kekalahan keempat dari total sembilan laga (baik itu partai resmi mau pun persahabatan) yang sudah dilakoni tim Asia Timur tersebut. Ada pun jumlah kemenangan yang mereka bukukan hanya tiga, itu pun dari negara yang kekuatannya jauh di bawah Nippon yakni Hong Kong, Yemen, dan Bahrain.

Meski begitu hasil melawan Inggris memberikan kepercayaan diri bagi Jepang. "Kami menunjukkan bahwa kami bisa memainkan permainan kami ketika menghadapi tim-tim terbaik dunia," ujar bek Tulio Tanaka seperti dikutip dari The Daily Yomiuri.
(detiksport)



Kalo kamu fans tim Jepang untuk Piala Dunia 2010 bisa pesen jaket tim Jepang di SINI.

No comments:

Post a Comment