Wednesday, June 9, 2010

Matthaeus ungkap Kekurangan Lahm dan Der Panzer


Berlin - Legenda Jerman Lothar Matthaeus berbicara tentang beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Der Panzer dan juga kapten mereka, Philipp Lahm. Apa saja hal tersebut dan akankah mengganggu kinerja Jerman?

Lahm ditunjuk sebagai kapten menggantikan Michael Ballack yang batal berangkat ke Piala Dunia akibat mengalami cedera.

Meski memiliki fisik tidak sekokoh Ballack, namun Lahm dipredikat sebagai salah satu full back terbaik di dunia saat ini. Kedua kakinya hidup sehingga ia bermain sama bagusnya, baik di kiri maupun kanan. Di Piala Dunia 2006 misalnya, ia dipasang sebagai bek kiri, tapi di Afrika Selatan nanti ia dipastikan diplot sebagai bek kanan.

"Satu-satunya yang membuat saya terganggu adalah posisi Lahm yang merupakan seorang full-back. Jadi dengan posisinya tersebut dia tidak akan berada di area tengah permainan," ujar Matthaeus seperti dikutip dari situs resmi FIFA.

Namun kekurangan itu dinilai tidak berimbas signifikan. Pasalnya Lahm memiliki kualitas yang mampu menutupi handicap yang dia punya.

"Lahm merupakan pengganti alami untuk Michael Ballack. Dia memiliki segalanya sebagai kapten. Dia merupakan komunikator yang sempurna, baik itu dengan pemain lain, asosiasi sepakbola, media, dan siapa pun di timnas. Ia dihormati oleh siapa pun, dan terutama rekan satu timnya," ujar mantan pemain yang sangat disegani pada masa jayanya itu.

Selain Lahm, pilar Der Panzer tahun 1980 hingga 2000 itu juga membahas soal kekurangan yang dimiliki oleh negaranya. "Jerman minim taltenta individu yang brilian, yang bisa mengendalikan laga dengan cara mereka," tukas Matthaeus.

"Meski begitu Jerman masih dihormati, yang membuat kami begitu berbahaya. Jerman bisa melaju minimal hingga babak perempatfinal," tutup pria yang membawa Jerman Barat jadi juara dunia tahun 1990 tersebut.
(detiksport)



Kalo kamu fans tim Jerman untuk Piala Dunia 2010 bisa pesen jaket tim Jerman di SINI.

No comments:

Post a Comment