Tuesday, April 13, 2010

Konsistenlah, Belanda


Amsterdam - Di setiap kejuaraan Belanda selalu tampil impresif. Predikat favorit disandang, namun pada akhirnya kegagalan yang didapat. Problem mental bernama inkonsistensi adalah akar masalah.

Belanda. Tim yang identik dengan warna oranye ini hampir selalu menyandang predikat favorit di setiap kejuaraan. Permainan cantik Total Football merupakan faktor yang membuat Belanda begitu memikat.

Di kualifikasi Piala Eropa 2012 misalnya, tim dari Negeri Kincir Angin ini paling diunggulkan. Sementara itu untuk Piala Dunia nanti, Belanda masuk unggulan kedelapan.

Di babak kualifikasi Piala Dunia, Oranje tampil impresif dengan meraih 100 persen kemenangan dari delapan laga, memasukkan 17 gol dan hanya kebobolan dua.

Negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di bawah laut itu memang berulang kali menyandang status favorit. Namun berulang kali pula kata "unggulan" itu berhenti sebagai status, karena pada akhirnya kegagalan lah yang mendatangi Belanda.

"Di Piala Eropa kemarin, ketika kami mengalahkan Italia dan Prancis, semua di Belanda berpesta dan menari. Selanjutnya kami kalah dari Rusia di perempatfinal dan harus angkat kopor," tukas pelatih Bert van Marwijk seperti dikutip dari Eurosport.

Sebenarnya bukan aspek teknik yang menjadi masalah Belanda yang selalu memunculkan pemain-pemain potensial. "Masalahnya adalah inkonsistensi. Itu adalah masalah mental. Jadi sangat sulit untuk menjelaskan," urai Van Maarwijk.

"Saya selalu berusaha untuk meningkatkan kepercayaan diri pemain. Namun ini proses," tandas pelatih berusia 57 tahun itu.

Mertua dari gelandang Mark Van Bommel itu menandaskan bahwa bila pemain-pemain utamanya dalam kondisi terbaik, ia optimistis bisa bersaing dengan tim-tim tradisional seperti Jerman, Brasil, Italia, atau pun Inggris.

"Bila syarat itu (pemain utama dalam kondisi terbaik) terpenuhi, kami bisa mengalahkan siapa pun. Sekarang kami harus belajar untuk melakukannya dan tampil konsisten," tutupnya.
(detiksport)



Kalo kamu fans tim Belanda untuk Piala Dunia 2010 bisa pesen jaket tim Belanda di SINI.

No comments:

Post a Comment